Sabtu, 11 Agustus 2012

D.I.Y. T-Shirt Cushion

Feb 8, '12 9:19 AM
for everyone




Haloo...ni dia nihh, tutorial yang full photo :D biasanya kan diposting di etaLaSheu-Hobby, tapi kali ini sengaja diposting di jurnal biar ga banyak kata-kata...cukup diwakilkan dengan photo aja yaa... (sy pribadi siihh kadang malah lebih mudah liat gambar ketimbang baca tulisan :D )


Okeh, Semua pasti udah tau atau bahkan mungkin pernah liat tutorial sejenis ini atau juga udah pernah membuatnya, tapi ijinin saya buat share versi saya sendiri yaa...yaa?

Sarung bantal cushion ini terbuat dari kaos yang udah ga terpakai lagi. Tapi karena warna n sablonannya masih bagus, jadi gatel pengen dibikin sarung bantal aja. Kali ini saya sengaja membuatnya secara manual alias ga pake mesin jahit, karena siapa tau ada yang ingin bikin tapi ga punya mesin jahit...jangan kecil hati, percayakan pada jari-jemarimu :D *haalaaaaahhh*. Jenis tusukan atau jahitan yang dipake adalah Backstitch.  (lihat gambar di kanan)


Alat-alat dan bahan : Kaos/T-Shirt yg ga terpakai, gunting, jarum jahit, benang jahit, jarum pentul, resleting, mata nenek (alat kecil buat bantu masukin benang ke jarum...ini mah optional, bisa pake ato ngga).

Ready?
Siapin kaos yang ingin kita jadiin sarung bantal cushion, pilihan saya jatoh pada kaos jaman msh kuliah yang udah ga muat...dari sejak beli :D














Tentukan bagian mana yang mau kita ambil lalu kemudian tinggal digunting aja.




Setelah digunting, atur posisi kain untuk gambaran bentuk sarung bantal yg kita pengen...saya pilih pake resleting, dan posisi resleting ada dibagian belakang sarung bantal. Lebihkan posisi kain untuk resleting.




Oia, bagian yg nantinya di muka/di luar selama penjahitan harus ada di dalam, karena nantinya dibalik. Setelah semua posisi ok, siapin resletingnya (saya pake resleting meteran, jadi kepala resletingnya sengaja dipasang belakangan aja). Taruh di tempat yg kita inginin, dengan posisi terbalik (bagian luar resleting menghadap ke daleum). Posisi ok, langsung dijahit dengan cara Backstitch td satu persatu lembar kain (sebelumnya bisa dibantu pake jarum pentul, biar resletingnya ga bergeser dari tempat yg kita inginin.




 

Berikutnya, jahit dengan cara yang sama untuk bagian resleting yang lainnya













Berikutnya, pasangkan kepala resleting (sebenernya ini bisa juga dipasang dari sejak awal, saya pasang belakangan karena udah kebiasaan :D ) lalu...lalu...disekelilingnya beri jarum pentul agar posisi kain ga bergeser. Kemudian jahit sekelilingnya dengan tusukan/jahitan 





Setelah kedua sisi resleting dijahit ke kain, hasilnya seperti gambar di kiri ini, atur lagi posisi kainnya sesuai keinginan kita sebelumnya (lihat gambar kanan bawah).
 






Setelah sekelilingnya dijahit, akan tampak seperti gambar kiri . Almost done! sekarang gunting sudut-sudutnya (ngeguntingnya jangan terlalu pas jahitan sudut yaa...kasi jarak dikit) lihat gambar kanan bawah. Tujuannya, biar pas dibalik bagian sudut-sudutnya ga tebel/menumpuk.



lalu tinggal dibalik deh ^^ cihuhuuuyyy.....beres! lumayan kan, walopun ga pake mesin jahit. Sekarang punya sarung bantal cushion baru deh, tinggal diisi bantalnya. Sarung bantal ini juga bisa pake lining/ kain bagian daleum, cara jahitnya sama aja...cuman, kita bikin 2 bagian ; bagian daleuman n bagian luar, dijahitnya terpisah dulu kemudian baru disatuin/digabungkan (cara menggabungkannya seperti bikin tempat pensil sederhana...baca postingan atau photonya di album hobby). Kayanya tetep banyak kata-katanya :D mudah-mudahan ga puyeng.





Selamat mencoba yaa....






Tidak ada komentar:

Posting Komentar