Senin, 28 Januari 2013

Shapes of Bags



Menurut Amethyst Handbag Library, ada beberapa bentuk dan ukuran tas. Beberapa diantaranya, biasa kita sebut dengan tas tangan (Handbag). Apa itu Handbag? Handbag (tas tangan) adalah sebuah tas yang dipegang ditangan atau digantungkan di pundak *masa iya disebut tas tangan klo dibawa dikaki heheheh bercanda...bercanda*, yang digunakan untuk membawa beberapa barang/keperluan pribadi.

1. Backpack
Backpack (Tas punggung) adalah tas/ransel yang beratnya dibebankan pada kedua pundak atau diantaranya. Biasanya dipakai atau diselempangkan dipunggung dengan tali pada salah satu pundak/kedua pundak. (yaa kurleb gt lah :D ). Backpack biasanya memiliki tutup resleting, flap atau dengan tali serut atau draw string.





2. Barrel


Sebuah purse berbentuk silinder horizontal dengan resleting sebagai penutupnya, biasa disebut "Roll bag" juga.







3. Clutch
Biasa disebut "Pouchette" adalah sebuah tas dompet kecil yg pada umumnya tanpa tali pengikat atau tali pegangan, digunakan dengan cara diselipkan dibawah lengan/ketiak. Terkadang ada juga yang disediakan dengan tali pundak atau tali pergelangan tangan yang dapat dilepas. 






4. Double Handle
Tas dengan ukuran kecil hingga medium dengan dua buah tali pegangan yang dapat digunakan dengan cara menggantungnya di pundak.










5. Flap
Tas dengan penutup tambahan berupa flap...aihhh gimana bahasa yang enaknya yaa, gt dah pokoknya :D







6. Facile
Sebuah tas dengan bingkai penutup...aiiihhh bingung lg dah bhs Indonesianya T_T well it said that Facile is a bag that has a covered frame that snaps together as the closure...ngeuh ya?ngeuh ya?iyaa dong.








7. Hobo
Nah, yang ini paling sering muncul sebagai tas sehari-hari nih, klo AHLnya sih bilang Hobo adalah tas pundak dengan bentuk bulan sabit yang resleting penutupnya ada ditengah dengan posisi masuk ke dalam (melengkung kali yaa maksudnya), tapi kadang juga banyak yg terbuka...model-model tote...hobo tote kali yaa *ahahah maksa.






8. Luggage Frame
Sebuah tas mirip koper dengan penutup berupa bingkai penutup metal, populer di era 50an (sorry don't know bout that...never been in that era :D ahahah haven't born yet)









9. Luggage Handle
Sebuah tas dengan penutup yang dibentuk untuk pegangan tangan, berbahan kaku/keras. This shape of bags is originating in the 60's









10. Shoulder bag
Tas berukuran kecil hingga medium dengan rantai panjang atau tali tipis/kecil yang dipakai di pundak atau direntangkan melintang di badan. Saat ini, Shoulder bag dengan tali pendek lagi ngetren (lagi). Debut tas model ini ada di era 30an.







11. Tote bag
Sebuah tas berbentuk kotak dengan ukuran medium hingga besar. Bagian atas tas terbuka dengan dua buah tali pegangan/pundak. Ukurannya yg cukup besar membuat tas tote biasa juga digunakan untuk belanja (karena muat banyak barang gt), that's why it called "Shopper" too.








12. Trapezoid
Sebuah tas dengan bentuk A-line atau trapesium kali yaa.











13. Bucket
Sebuah tas pundak yang kaku dengan bentuk menyerupai keranjang dengan bagian atas tas terbuka, terkadang ada juga yg bagian bawahnya berbentuk oval.







14. Camera
Tas yang biasanya berbentuk kotak persegi panjang dengan bagian sudut membulat. Dilengkapi penutup resleting di bagian atas dan umumnya terdapat banyak saku di bagian luar.




15. Drawstring
Tipe tas dengan tali yang dapat ditarik untuk menutup bagian atas tas.





16. Frame
Sebuah tas yang memiliki pengunci dari logam berupa snap/pengait jepret :D tombol maupun gesper.

*hadeuuuhh plis deh Sheu,pengait jepret bhs indonesia yg benernya apa sih? hehehe*










17. Satchel
Sebuah tas berbetuk kotak ataupun kubah dengan penutup resleting. Lebih dikenali dari bentuk bagian bawahnya yang lebar, rata dan ber-gusset. Tas ini dibawa dengan cara digantung di lipatan lengan, karena memiliki pegangan yang pendek.






18. Structured
Is how you'd describe a hard constructed handbag. Semacam tas yang terbuat dari material yang keras dan kaku, sehingga tasnya jadi memiliki bentuk yang kokoh, kaku dan keras...bentuknya ngga akan berubah, meskipun diletakkan begitu aja....*aihhhh bingung dah ngejelasinnya*








19. Wire Frame 
Sebuah tas dengan penutup resleting, untuk menjaga agar bentuknya tetap dan ngga berubah biasanya disekeliling bagian atasnya terdapat semacam kawat.










Yup...kurang lebih begitu deh ^^ untuk lebih kenal dan tau tentang all about bags mending langsung browsing atau cekidot ke narasumber yang lebih ahli deh.

Maap-maap nih untuk penjelasan dari sy yang rada ngaco hehehe *harap maklum yaa...*






2 komentar:

  1. mba boleh tanya dung, buku buku tentang membahas tentang tas apakah ada ?
    terus buku apa,, makasih,,, he
    salam kenal :D

    BalasHapus